Wednesday, March 28, 2012

Tantangan KBB #28 Torta Pasqualina

Sudah masuk tantangan KBB ke 28 di bulan Maret. Untuk jenis savory cake yang diajukan adalah Torta Pasqualina.  Sebelum melangkah ke pembuatan kita liat dulu sejarah n komennya yuk ....

"Torta Pasqualina adalah istilah dalam bahasa Italia yang secara
harfiah berarti Kue Paskah. Merupakan hidangan khas Paskah dari
Piemonte dan Liguria.
Adonannya merupakan adonan berlapis, sedikit seperti 'adonan fillo',
tapi lebih tebal dan disebut 'pasta matta' (=crazy dough). Kue yang
berasal dari Liguria ini mengandung keju lokal “Prescinseua” yang
hanya dapat ditemukan di Liguria. Kejunya sangat creamy, lembut dan
sedikit asam.
Jika tidak memungkinkan menemukan Prescinseau di tempat anda, bisa
disubtitusi dengan ricotta yang sangat lembut atau ricotta biasa
dengan tambahan sedikit susu."


Karena ini pertama kali membuat dan terus terang belum tau rasanya akan seperti apa, saya buat 1/4 resep dulu aja yaaa.... *takut dicentong suami misalnya gak suka jd terbuang....kan sayaaang he he he....

Torta PasqualinaSource: Old Time Cooking Recipes

Ingredients:




DOUGH:
600 g (1 lb 5 oz) white flour
6 Tbs olive oil
a pinch of salt
FILLING:
1 kg (2 lb) Swiss chard (silver beet) or spinach ---> saya pakai spinach atau bayam daun bulat
400 g (0.9 lb) cottage cheese/ricotta cheese ---->3 supermarket didatangi lagi habis jd pakai yg ada cheese cream, mau buat jg sudah gak ada waktu
100 g (3.5 oz) parmesan
10 eggs
2 teaspoons marjoram, chopped ---> gak pakai
2 teaspoons parsley, chopped
garlic, minced (optional)
olive oil
salt, pepper


Preparation:



1. DOUGH:
-Combine flour, oil, a pinch of salt and enough cold water to make a
medium soft dough.
-Knead well for 10 minutes or until the dough becomes elastic.
-Divide the dough into 14 balls.
-Cover with cloth and let stand for about 1 hour.

2. FILLING:



-Clean, wash and dry the Swiss chard.
-Place in a saucepan with little boiling water and cook at high heat
until wilted.
-Cool, then squeeze out excess liquid and chop finely.
-Add 50 g (1.7 oz) parmesan cheese, marjoram, parsley, garlic and 2
eggs. Season with salt and pepper.

3. Oil a round shallow oven dish, 9 inches (22 cm) in diameter.

4. Flatten each piece of dough, one at a time, making each a very thin
disk, larger than the baking pan you are going to use.

5. Lay the pastry on the oven dish, allowing it to flow over the
edges. Oil it lightly.

6. Place another disk over it and repeat until you have used 7 disks.
7. Spread the Swiss chard stuffing over the dough, and then spread the
cottage cheese over the greens level with a knife.

8. Make 8 small cavities. Pour a raw egg into each cavity and sprinkle
each with salt, pepper and remaining parmesan cheese.

9. Cover the whole lot with the same number of pastry sheets, each
brushed with oil.
10. Pinch the borders and trim the excess dough, prick the top of the
pie in a few places and then brush with oil.

11. Bake for 1 hour in 190 C (375 F) oven. Allow to rest before
removing from the cake tin.

Ketika membaca cara pembuatan kulitnya jadi teringat membuat prata atau martabak telur. Keseringan memperhatikan si tukang jualan bagaimana membuat kulit setipis itu.... jd nya lumayan bisa dipraktekkan deh.... dengan menggunakan minyak maka kulit lebih lembab atau tidak kering karena udara terbuka dan tentunya lebih mudah menariknya hingga tipis sekali.... begitu ternyata :)

Ini hasilnya ya.... bisa lihat difoto.
Untuk rasa ....ternyata enak juga apalagi dicolek dengan sambal belibis, lumayan bisa untuk sarapan pagi ini. Pokoknya kali ini gak ada yang terbuang .... aku janji ya, suamiku tersayang..... :))





Akhirnya lulus juga... *ngerjain juga maksutnya padahal lagi mo pindahan...riweh :)


1 comments:

Immanuel Kabuhung said...

Halo Bloger! Gabung yuk!! di myTasteIndonesia.com!!!

Di sana Anda bisa "Discover" (menemukan) lebih dari 41 ribu resep masakan nusantara, "Share" (berbagi) resep-resep masakan Anda ke semua teman-teman myTaster di seluruh dunia, dan juga! Anda bisa membuat buku masak pribadi Anda di laman kami dan "Save" (simpan) sebagai resep-resep favorit Anda sehingga kita bisa saling bersosialisasi di dalamnya. "Discover, Save and Share Recipes" on myTaste! "Indahnya Saat Berbagi".

Banyak blog yang telah menjadi anggota dan mendapatkan keuntungan dari publikasi di situs kami. Tambahkan blog Anda di link ini: http://www.mytasteindonesia.com/tambahkan_blog_anda

Bila ada pertanyaan jangan sungkan untuk hubungi kami di:
info@mytasteindonesia.com

Terima kasih atas perhatian dan kerjasamanya!

Salam myTaste Indonesia,
Immanuel Kabuhung

Post a Comment