Monday, May 30, 2011

KBB#23 Cheesy Fun



Sudah last minutes.....tapi sebelum berakhir waktunya harus berjuang nih. Tantangan ini pokoknya harus selesai titik....bukan selesai tidak selesai kumpulkan....bisa nangis bombay nih ....

PR Kbb kali ini...gak rumit tapi ....bahan2nya lumayan mahal nih. Si keju2annya per 250 gram sudah sekitar 7 sgd. Jadinya pas salah beli ya sudah ....dipakai aja yang ada he he he....
Mascarpone harusnya beli yang kemasan 250 gram malah kebalik sama ricotta dibeli deh yang ukuran 500 gram. Tapi ya beda tipis lah.....total aku pakai 250 gram ricotta dan sisanya yang 300 gram aku pakai mascarpone....moga bener yak betiiii..... :))

Bahan2 yang lain kebetulan sudah ada semua dari sisa bikin kue sebelumnya. Loyang bongkar pasang juga pas banget ukurannya....jadi gak usah cari2 lagi.

Ok ya mari kita mulai membuatnya.........berdasarkan sumber yang dikasih : Successful Baking tapi dimodifikasi ya sesuai bahan yang ada dan halal insya allah.

Bahan-bahan seperti yang tertera di gambar ya.



Cara membuat :

Panaskan oven 170C. Siapkan loyang bongkar pasang ukuran 23cm, olesi dasar dan sisi2 loyang dengan mentega leleh. Alasi dasar loyang dengan baking paper, lalu olesi mentega leleh.


Panasi air lemon, orange juice, dan sultana dan peeled lemon di dalam panci selama 5 menit. Angkat dari api, tutup dan biarkan selama 15 menit.

Crust: panaskan mentega hingga leleh, masukkan kacang2an, semua gula dan rempah-rempah; aduk rata. Letakkan di dasar dan sisi loyang, tekan-tekan supaya padat dan melekat.

Kocok mascarpone dan ricotta hingga lembut, lalu masukkan gula, kuning telur dan parutan kulit jeruk, lalu masukkan tepung, aduk hingga rata dan lembut (aku pakai mikser kec 1). Masukkan campuran sultanas-peeled lemon orange juice dan apricots.

Kocok putih telur di dalam mangkuk yang bersih dan bebas lemak hingga soft peaks (aku pakai mikser dan sepertinya keterusan tuh sampai hard peak....terlanjur). Masukkan putih telur kocok ke dalam campuran keju. Tuang ke dalam loyang, ratakan permukaannya.

Letakkan loyang ke atas loyang oven/loyang biscuit (oven tray/baking tray), panggang selama 1 jam, atau hingga permukaan cheesecake set tengah2nya dan berwarna emas kecoklatan di sekelilingnya. Matikan oven. Biarkan cheesecake di dalam oven dengan pintu dibuka sedikit selama 50-60 menit.

Keluarkan cheesecake dari oven. Gunakan pisau tumpul secara perlahan ke sekeliling cheesecake, lalu biarkan hingga betul2 dingin. Keluarkan cheesecake dari loyang dan dinginkan dalam kulkas selama 2 jam sebelum disajikan

Tips: olesi mentega leleh ke sekeliling loyang agak tebal sehingga crust kacang akan terbalut secara merata.

Cara mengerjakannya selengkapnya ada di gambar bawah ini ya ...

Crust :



Filling :



Dan ini hasilnya ya....


Seterusnya....mari kita potong..... he he he.....yummy loh rasanya. Aku suka crust nya bau kayu manis ada sisa gulanya ....jadi kreyes kreyes kalau dikunyah.
Sedangkan cheese nya....bau dan rasa lemonnya .....enak ...pas.
Kali ini aku pakai isian apricot dan sultananya sesuai di resep....ternyata cukup banyak ya, mungkin kalau dikurangi cheese nya makin terasa..... ya lain kali dibuat lagi deh sesuai selera.






Akhirnya lulus.....tapi maaf logo lulusnya dah lama dikasih baru dipasang.... :P






.

1 comments:

Sofie said...

haaaiii.... salam kenal juga. thanks yaa udah mampir. lemon cheese cake nya cakepp muluss :)

Post a Comment